Selasa, 30 Januari 2018

32 Olahraga Menurunkan Berat Badan Super Cepat


Memiliki berat badan yang jauh dari kata ideal sangatlah membuat anda jauh dari rasa percaya diri. Mungkin anda pernah membaca metode diet dengan makanan penurun berat badan tanpa olahraga, jangan percaya! Faktanya, diet tanpa olahraga sangatlah tidak baik untuk kesehatan anda. Maka, untuk menurunkan berat badan, anda wajib melakukan kegiatan olahraga.
Berikut ini olahraga menurunkan berat badan yang banyak dilakukan baik di rumah atau di pusat-pusat kebugaran :
olahraga menurunkan berat badan1. Senam Aerobik
Bagi yang menyukai gerakan-gerakan pada dance, maka dapat mencoba senam aerobic. Senam aerobic membuat semua anggota tubuh bergerak, yang akan membakar kalori, Sehingga efektif untuk menurunkan berat badan anda.
Proses : Apabila memungkinkan, anda dapat melakukan senam aerobic ini setiap hari, bisa pada waktu pagi ataupun sore hari.
2. Yoga
Yoga merupakan olahraga yang menggabungkan ketenangan, meditasi dan juga pembakaran kalori serta lemak. Tentu saja olah raga ini juga efektif dalam membantu untuk menurunkan berat badan.
Proses : Anda dapat melakukan yoga 2 – 3 kali dalam seminggu. Lakukan yoga secara rutin untuk menurunkan berat badan anda secara optimal.
3. Sepakbola / Futsal
Sepak bola merupakan olahraga yang mengkombinasikan kemampuan mengolah bola dan kemampuan berlari. Hal ini membuat sepakbola atau futsal dapat membakar kalori yang sangat banyak dan akan membantu anda dalam menrunkan berat badan
Proses : Anda dapat bermain satu atau dua babak dalam sekali permainan. Permainan dapat dilakukan sebanyak  1 – 2 permainan dalam satu minggu.
4. Lari
Jogging atau berlari merupakan salah satu olahraga berjenis cardio yang efektif membakar kalori dan lemak di dalam tubuh. Sehingga olahraga lari di pagi hari misalnya, akan sangat efektif bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.
Proses : Anda dapat berlari mengelilingi lapangan atau kompleks perumahan selama kurang lebih 1 jam setiap harinya. Lakukan pada pagi hari sebelum sarapan, dan atau pada sore hari sebelum makan malam.
5. Berjalan Kaki
Berjalan kaki apabila dilakukan secara rutin akan sangat efektif dalam membantu membakar kalori dan menrunkan berat badan anda.
Proses : Cobalah untuk menambahkan program berjalan kaki pada setiap kegiatan sehari-hari anda. Paling tidak tubuh berjalan sekitar 1 kilometer setiap harinya.
6. Berjalan Mundur
Berjalan mundur memiliki efektivitas membakar kalori yang lebih tinggi daripada berjalan kaki secara normal. Tambahkan latihan berjalan secara mundur ketika anda melakukan jogging.
Proses : Olahraga menurunkan berat badan dengan jalan mundur ini, dapat dilakukan selama 5 – 15 kali per 1 jam melakukan jogging atau lari.
7. Berlari Menyamping
Berlari dengan cara menyamping membutuhkan kekuatan otot kaki yang lebih besar dibandingkan berlari biasa. Dengan begitu, berlari secara menyamping juga efektif dalam membakar kalori dan menurunkan berat badan anda.
Proses : Anda dapat melakukan gerakan lari menyamping 5 – 10 menit per 1 jam waktu anda berlari atau jogging
8. Bersepeda
Sama seperti berlari, bersepeda juga memiliki efektivitas pembakaran kalori yang sangat tinggi, sehingga dilakukan sebagai olahraga mengecilkan perut yang berdampak pada penurunan berat badan pula.
Proses : Bersepedalah kira – kira 2 – 5 kilometer setiap harinya untuk penurunan berat badan yang optimal.
9. Lompat Tali
Lompat tali terkesan seperti permainan anak-anak, namun manfaatnya dapat embakar kalori dan lemak secara efektif karena membutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Selain itu, lompat tali juga dapat membuat anda menjadi lebih tinggi dan memperkuat otot kaki anda.
Proses : Anda dapat melakukan kegiatan lompat tali sebanyak 40 – 100 kali lompatan dalam satu hari. Lakukan kegiatan ini secara rutin setiap harinya.
10. Dance / Menari
Menari atau dance merupakan gabungan berbagai macam gerakan yang membutuhkan tenaga yang besar. Beberapa gerakan dance, seperti freestyle akan sanagat efektif dalam menurunkan berat badan anda, karena membakar kalori lebih banyak serta menuntut kelenturan badan.
Proses : Anda dapat mengikuti kelas dance dan berlatih dance 3 – 4 kali dalam seminggu untuk membantu menurunkan berat badan anda.
11. Basket
Sama seperti sepakbola, olahraga basket bahkan dikenal sebagai olahraga untuk meninggikan badan yang efektif. Olahraga basket memiliki kapasitas pembakaran kalori yang tinggi sehingga dapat membantu mengoptimalkan program penurunan berat badan.
Proses : Anda dapat melakukan olahraga basket 3 – 5 kali dalam seminggu, dan melakukan latihan shooting dan umping dalam bola basket secara rutin dalam satu mingg
12. Berenang
Selain dipercaya dapat menambah tinggi badan, berenang juga dapat membantu tubuh untuk menurunkan berat badan lebih optimal, karena membuat semua anggota tubuh bergerak.
Proses : Anda dapat berenang secara rutin, 2 – 3 kali dalam seminggu, dengan melakukan variasi gaya dalam sekali berolahraga.
13. Badminton
Badminton merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan kekuatan tangan dan membakar kalori yang tinggi, karena membutuhkan gerakan spontan yang cepat dan ekstra, sehingga akan cepat membakar timbunan lemak pada tubuh.
Proses : Lakukan olahraga ini paling tidak 2 kali seminggu.

Latihan-latihan Pembentukan Badan

1. Pull Up
Pull Up membutuhkan kekuatan tangan yang sangat besar, dan juga akan memberikan efektivitas pembakaran kalori yang optimal, terutama pada bagian lengan.
Cara Melakukan :
  • Posisikan diri anda di bawah tiang
  • Genggam tiang secara mantap dengan tangan anda
  • Angkatlah badan anda dengan bertumpu pada tiang tersebut.
Proses : Latihan ini cukup anda lakukan 1 atau 2 set setiap harinya. Namun apabila mungkin, anda dapat melakukan lebih.
2. Squat Jump
3. Squat Thrust
4. Stepper
5. Eliptical Trainer
6. Hanging Leg Raise
7. Bicycle Exercise

Latihan Beban

Latihan beban diperuntukkan untuk pembakaran kalori, sekaligus merubah lemak yang anda miliki menjadi otot pada bagian tubuh. Agar lebih optimal dalam menurunkan berat badan, anda dapat menggabungkan latihan beban dengan latihan cardio, seperti berlari, bersepeda, dan olahraga pembakar lemak tinggi lainnya.

Berikut ini beberapa jenis latihan beban yang dapat anda lakukan untuk membantu menurunkan berat badan :
1. Shoulder Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar